Pengertian dan Tujuan Sistem informasi Management

Definisi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)

Sistem=suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur-prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama organisasi/institusi.
Informasi =data yang telah diproses/diolah sehingga memiliki arti atau manfaat yang berguna.
Data = fakta-fakta, angka-angka atau statistikstatistik yang daripadanya dapat menghasilkan kesimpulan.
Manajemen =Sebagai PROSES, manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan
suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama.

Sebagai SUBYEK, manajemen adalah orang (atau orang-orang) yang melaksanakan kegiatan tersebut.
Sistem Informasi Manajemen => jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern) kepada manajemen, sebagai dasar pengambilan keputusan.

Tujuan mempelajari SIM:
Memandang bahwa, nilai dari informasi amatlah berharga, oleh karena itu harus dikelola dengan baik.
Sebagai seorang wirausaha, staff manajemen atau terlebih sebagai manajer, harus dapat menghargai dan mampu mengelola informasi bagi kemajuan perusahaan atau usahanya.

Manajemen Informasi
Manajer mengelola lima jenis sumber daya :

  1.  Manusia
  2.  Material
  3.  Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
  4.  Uang (Money)
  5.  Informasi (termasuk data) Sumber daya Konseptual

Sumber daya fisik akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya tersebut siap digunakan secara maksimal, bila perlu diganti sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien/usang. Contoh penggantian sumber daya: upgrade mesin, rekruitmen pegawai baru, dsb.Tugas manajer meliputi: pengelolaan sumber daya fisik dan mencakup pengelolaan sumber daya konseptual.
Mendapatkan data mentah lalu mengolahnya sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setelah itu memanfaatkan secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi yang usang.Seluruh kegiatan tersebut: memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin, dan membuangnya di saat yang tepat, disebut Manajemen Informasi.
Alasan perlu diberikan perhatian pada Manajemen Informasi:

  • A. Kompleksitas kegiatan bisnis meningkat :


  1.  Pengaruh ekonomi internasional
  2.  Persaingan dunia
  3.  Kompleksitas teknologi yang semakin meningkat
  4.  Batas waktu yang singkat
  5.  Kendala-kendala sosial


  • B. Kemampuan komputer yang semakin baik
    Pemakai semakin tahu bagaimana ‘mendayagunakan’komputer untuk membantu pekerjaannya. Alasan perlu diberikan perhatian pada manajemen informasi:


  1.  Pengaruh ekonomi innternasional
  2.  Persaingan dunia
  3.  kompleksitas teknologi yang semakin meningkat
  4.  Batas waktu yang singkat
  5.  kendala - kendala sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Structure and Written Expression With Example Questions

Sistem Cerdas Berbasis Pengetahuan

Review Jurnal Pembuatan Film Animasi 3D