Proses Audit Sistem Informasi dan Audit Tata Kelola TI

Proses Audit Sistem Informasi

Dalam audit SI terdapat beberapa proses/tahapan yang harus dilakukan, yaitu:
1.     Perencanaan (Planning), yaitu menentukan ruang lingkup, objek yang akan diaudit, strategi yang akan dilakukan dll.
2.     Pemeriksaan Lapangan (Field Work), dalam tahap ini proses yang dilakukan adalah pengumpulan data.
3.     Pelaporan (Reporting), data yang sudah didapat akan dihitung berdasarkan perhitungan maturity level.
4.     Tindak Lanjut (Follow Up), tahap akhir yaitu memberikan hasil yang sudah didapat.

Jenis Audit
Terdapat 3 jenis audit yang biasanya dilakukan yaitu :
1.     Audit keuangan 
Audit keuangan memeriksa keandalan dan integritas catatan-catatan akuntansi (baik informasi keuangan dan operasional).
2.     Audit sistem informasi 
Audit sistem informasi melakukan tinjauan atas pengendalian SIA untuk menilai kesesuaiannya dengan kebijakan dan prosedur pengendalian serta efektivitas dalam menjaga aset perusahaan.
3.     Audit operasional atau manajemen
Audit operasional atau manajemen berkaitan dengan penggunaan secara ekonomis dan efisien sumber daya, serta pencapaian sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan.

Risiko Audit
Risiko audit merupakansiko kesalahan auditor dalam memberikan pendapat wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan yang salah saji secara material.
Terdapat beberapa jenis-jenis risiko audit :
1.     Planned Detection Risk (Risiko Penemuan yang Direncenakan) adalah risiko bahwa bukti yang dikumpulkan dalam segmen gagal menemukan kekeliruan yang melampaui jumlah yang dapat ditolerir.
2.     Acceptable Audit Risk (Risiko Audit yang dapat diterima) Adalah ukuran ketersediaan auditor untuk menerima bahwa laporan keuangn mengandung salah saji material tanpa pengecualian telah diberikan.
3.     Inherent Risk (Risiko Bawaan atau Risiko Melekat) Adalah penetapan auditor akan kemungkinan adanya kekeliruan (salah saji) dalam segmen audit yang melampaui batas toleransi, sebelum memperhitungkan faktor efektivitas pengendalian intern.
4.     Control Risk (Risiko Pengendalian) Adalah ukuran penetapan auditor akan kemungkinan adanya kekeliruan (salah saji) dalam segmen audit yang melampaui batas toleransi yang tidak terdeteksi atau tercegah oleh struktur pengendalian intern klien.

Tata Kelola TI
Tata Kelola TI adalah suatu cabang dari tata kelola perusahaan yang terfokus pada Sistem/Teknologi informasi serta manajemen Kinerja dan risikonya. Tata kelola TI adalah struktur kebijakan atau prosedur dan kumpulan proses yang bertujuan untuk memastikan kesesuaian penerapan TI dengan dukungannya terhadap pencapaian tujuan institusi.

Kerangka Kerja Tata Kelola TI




Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa isu utama dalam pengelolaan TI masa kini adalah bagaimana menyelaraskan strategi bisnis dengan TI. Isu tersebut merupakan bagian dari fokus pembahasan Tata Kelola TI sehingga panduan tersebut dapat digunakan untuk membantu penyelarasan strategi bisnis dan Tujuan TI. Berbagai kerangka kerja Tata Kelola TI tersedia dan sudah dibakukan serta diakui di seluruh dunia, sebagai contoh: Information Technology Infrastructure Library (ITIL) (Davies, 2003), ISO 17799 (ISO, 2005) dan Control Oijectives for Information and related Technology)! (COBIT) (ISACA, COBIT 4.1,2007).

Kerangka kerja tersebut memiliki peran dan fungsi masing-masing dalam Tata Kelola TI. Peran dan fungsi utama dalam Tata Kelola TI mencakup dua hal utama, yaitu: pengaturan (govern) dan pengelolaan (manage) seperti terlihat dalam Gambar 1.2 (ISACA, Integrating COBIT into the IT Audit Process (planning, Scope) Development, Practices), 2006). Pengaturan (govern) mencakup hal-hal apa yang mendasari tata kelola tersebut yang ditentukan melalui pendefmisian strategi dan kontrol. Contoh kerangka kerja yang masuk dalam cakupan ini adalah COBIT.

Daftar Pustaka
https://ccaccounting.wordpress.com/2013/11/04/jenis-jenis-risiko-audit/
https://hanggaryudha.wordpress.com/2012/11/06/risiko-audit/
Staffsite Dr. LINTANG YUNIAR BANOWOSARI, S.Kom., M.Sc.
http://herunugroho.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2016/08/Dasar-Audit-SI-2.pptx

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Structure and Written Expression With Example Questions

Sistem Cerdas Berbasis Pengetahuan

Review Jurnal Pembuatan Film Animasi 3D